Visi

Menyelenggarakan Pendidikan Farmasi Sains Yang Berbasis Kepada Kearifan Sumber Daya Alam Lokal Indonesia Menuju Pendidikan Farmasi Yang Unggul Dalam Lingkungan Nasional Pada Tahun 2028 Dan ASEAN Pada Tahun 2038

Misi

Usaha-usaha positif untuk mengaktualisasikan visi Program Studi S1 Farmasi Universitas Bengkulu tersebut, maka dirumuskan misi sebagai berikut: 

  1. Mengembangkan kemampuan filosofis, teoritik dan praktis dalam ilmu farmasi melalui proses pembelajaran aktif.
  2. Mengkaji dan mengembangan ilmu farmasi yang berlandaskan pada wawasan sumber daya alam melalui kegiatan-kegiatan penelitian.
  3. Mengembangkan kemampuan praktis dan profesional dalam bidang farmasi yang berdayaguna bagi masyarakat melalui penyelenggaraan kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  4. Mengembangkan kemampuan praktis dan profesional dalam membangun perilaku beretika dan bermoral dalam pengembangan bahan obat-obat terstandar untuk kelangsungan hidup manusia.

Tujuan

Berdasarkan Visi dan Misi Program Studi S1 Farmasi Universitas Bengkulu, maka Program Studi mengembangkan dua tujuan yaitu, tujuan umum dan tujuan khusus.

Tujuan Umum PS Farmasi adalah untuk  menghasilkan ilmuwan yang berlandaskan pada wawasan sumber daya alam dan memiliki kemampuan filosofis, teoritik dan praktis dalam ilmu kefarmasian. Tujuan Khusus PS Farmasi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran adalah pengembangan kemampuan untuk :

  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memahami konsep ilmu kefarmasian dan sekaligus mengembangkan kemampuan analisis dan praktis dalam inovasi obat-obat farmasi baru yang memiliki efek samping yang minimal.
  2. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian  mandiri dan berkelompok secara terarah berdasarkan metode penelitian kefarmasian dan ilmu-ilmu terkait.
  3. Memiliki kemampuan dalam menciptakan pemikiran yang inovatif dalam pengembangan senyawa obat yang adaptif bagi masyarakat Indonesia.
  4. Memiliki tanggung jawab sosial dalam menjaga kelangsungan hidup manusia dalam sisi penyediaan bahan obat-obat terstandar dan aman untuk dikonsumsi.

Sasaran Pelaksanaan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan (Sarjana Farmasi) yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memahami teoritik dan praktik kefarmasian, serta melakukan penelitian berlandaskan pada wawasan kekayaan sumber daya alam.
  2. Menghasilkan lulusan (Sarjana Farmasi) yang mampu mengintegrasikan konsep kefarmasian secara konseptual teoritik dan beradaptasi dengan tuntutan pengobatan yang terus dinamis dan berkembang.
  3. Menghasilkan lulusan (Sarjana Farmasi) yang mampu untuk mengembangkan diri dalam kemanfaatan ilmu kefarmasian yang dimilikinya dalam menjawab kebutuhan obat bermutu di dalam masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan (Sarjana Farmasi) yang mampu meningkatkan pengetahuannya dalam ilmu kefarmasian secara terus menerus dengan melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan obat baru dengan dampak negatif yang minimal.
  5. Menghasilkan lulusan (Sarjana Farmasi) yang mampu menjunjung tinggi empat dimensi keunggulan manusia, yaitu intelektual, estetika, etika dan spiritual.